Wednesday, October 19, 2011

Cara membuat Recent Posts With Thumbnails pada blogspot

Berikut ini adalah hasil iseng-iseng saya ketika penasaran tentang bagaimana cara membuat recent post yang ada thumbnailsnya. Berhubung ini cuma hasil costumize Javascript yang dulunya sudah ada,  Tidak perlulah saya sok-sokan bersikap seolah telah menaklukan dunia. Jadi,  mari kita langsung praktek saja:
1. Pada halaman Dashboard silakan anda klik  menu design ( dalam blog bahasa indonesia kalo ga salah nama menunya "Rancangan"
2. Klik add a Gadget untuk menambahkan  widget (lihat contoh gambar dibawah ini)

      3. Cari gadget bernama html/javascript lalu pencet  gambar plus berwarna biru  untuk menambahkan Gadget tersebut (lihat contoh gambar dibawah ini)

        4. Jika anda tidak salah pencet maka muncul halaman seperti pada gambar  dibawah ini


          4. Silakan Copy paste code dibawah ini pada textbox yang tersedia.
            ----------------kode -------------------
            <div id="recentdiv"><ul><script type="text/javascript" src="http://shortnshare-project.googlecode.com/files/blogrecentpost.js"></script>
            <script style="text/javascript">
            var numposts=4;
            var numchars=100;
            </script>
            <script src="http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=showrecentposts"></script>
            ------------------akhir kode ------------------
            Keterangan :
            - Silakan isi jumlah  post yg akan anda tampilkan dengan mengedit angka didepan kode numposts= (misal anda ingin post yg tampil di widget berjumlah 6. maka silakan ganti angka 4 diatas menjadi var numposts=6; ) 
            -Numchars adalah jumlah karakter isi post yg ingin anda tampilkan. Silakan ganti angka 100 di atas dengan jumlah yang anda inginkan.
            - Terakhir, pada tulisan "namabloganda" dikode tersebut, gantilah dengan nama blog anda. misal nama blog anda adalah blogtanpanama  maka kode url diatas akan menjadi
                  <script src="http://blogtanpanama.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=showrecentposts"></script> 
                  - Terakhir klik Save. Widget siap dihidangkan! 

                    Untuk melihat contoh penampakan Recent post with thumbnails ini, anda bisa klik halaman depan thinkgreen.msocia.com. Kira-kira bentuknya seperti itu.

                    Demikian semoga tidak membingungkan.

                    All Recent

                    Copyright © dejav.us | template By Dieng