Sunday, October 16, 2011

Tujuan Anda "Ngeblog" Adalah "Nyawa" Dari Blog Anda

Apa sih yang bisa kita tulis dalam blog? jawabannya apa saja, tergantung maksud dan tujuan si pemilik blog.  Tujuan dan maksud inilah yang kemudian akan menjadi nyawa dari blog tersebut.  Tujuan atau maksud Blog ini juga yang kemudian mengkotakan  sebuah Blog dalam spesifikasi (niche) tertentu.
Blog tanpa tujuan biasanya gugur dipertengahan. Tak ada kelanjutan setelah si pemilik merasa bosan atau eneg melihat Blognya sendiri

Membuat Blog, berarti anda siap dan  seharusnya berharap orang lain berkunjung ke blog anda. Dengan kata lain Blog tidak hanya melibatkan kepentingan anda sebagai owner. tapi juga orang lain -dalam hal ini sebagai Visitor.  Karena itu, sudut pandang pengunjung juga adalah faktor yang sebaiknya diperhitungkan ketika anda membuat Blog. Apa yang di inginkan pengunjung, Mengapa pengunjung perlu mengunjungi blog anda, Apa yang ingin anda suguhkan kepada pengunjung, dan bagaimana anda memastikan pengunjung menikmati apa yang anda suguhkan, semua itu sebaiknya perlu menjadi bahan pertimbangan saat anda merancang Blue Print Blog anda.

Jadilah tuan rumah yang ramah. Jadilah tuan rumah yang aware terhadap kepentingan dan  kondisi tamunya. Sambutlah  Tamu dengan  menghadirkan suasana nyaman. Nyaman disini tidak hanya merujuk pada keindahan template melainkan juga kemudahan load,  tata letak yang strategis dan yang utama adalah apa yang anda suguhkan atau isi dari blog itu sendiri.

Contoh kasus, Blog anda  memiliki konten yang bagus dan bermanfaat buat umat. Namun disisi lain, untuk membuka keseluruhan isi blog, pengunjung harus menunggu lama-lama hingga selesai load segala pernak-pernik desain  (seperti gambar background yang terlalu besar ukurannya, atau widget-widget yang belum tentu berhubungan dengan isi blog, atau warna yang men"colok" mata). bisa jadi, blog anda hanya akan terbuka sebatas url saja. bisa jadi mereka akan memilih mencari  informasi dari sumber lain yang memiliki "welcome message" yang lebih nyaman dari blog anda.

Contoh lain lagi, Blog anda memiliki tata letak yang bagus, easy to load page, desain yang membuat  pengunjung terkagum2 pada selera seni anda, namun disisi lain konten  blog tersebut hanya sekedar curhatan  hati anda yang menderita akibat ditinggal si anu. atau  isi blog melulu  Copy-paste berita-berita yang kenyataanya bisa dengan mudah ditemukan di google  tanpa ada modifikasi atau sentuhan pribadi anda dalam tulisan tersebut. Bisa jadi pengunjung hanya akan lewat tanpa pernah ingin kembali mengunjungi blog anda.

Sekali lagi. ciptakanlah blog yang peduli kepentingan pengunjung. Jikapun itu adalah  blog pribadi tentang keseharian anda. berilah kesimpulan, hikmah atau pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian2 tersebut sehingga pembaca bisa belajar sesuatu dari sana.

Ciptakanlah Blog yang berkarakter. Ciptakanlah Blog yang menancapkan kesan di memori pengunjung. Jadilah tuan rumah yang ramah. Jadilah pemberi manfaat.  dengan begitu, seandainyapun blog anda hanya dikunjungi oleh beberapa orang perhari. setidaknya yang sedikit itu mendapatkan sesuatu, bukan sekedar lewat.

Perhatikanlah skala Prioritas. Jangan sampai pengunjung justru lebih fokus pada pernak-pernik yang ada tampilkan di blog anda ketimbang menu utama yang anda sajikan dalam blog tersebut.  Tambahkanlah pernak-pernik secukupnya saja. upayakan Konten tetap menjadi unsur yang mendominasi dalam susunan template anda.

Jika mereka merasa nyaman, siapa tau mereka akan kembali. siapa tau kemudian mereka berbagi pengalaman diblog anda dengan teman-teman mereka yang siapa tau juga kemudian akan mengunjungi blog anda dan lalu berbagi juga dengan teman-teman yang lain dan begitu seterusnya.

Happy Blogging! :)

*hanya berbagi pendapat dan cara pandang . tulisan ini bukan acuan mutlak atau justifikasi.

All Recent

Copyright © dejav.us | template By Dieng